Batu Bata Bolong

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membangun rumah dan sedang mencari batu bata bolong dengan kualitas unggulan, Anda boleh membuka situs batabolong.com, yakni situs yang memasarkan batu bata bolong / Batu Bata Merah dan melayani pesanan ke  area Palembang ( Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Indralaya, Kota Kayu Agung, Baturaja, MuaraDua, Lubuklinggau, Pagar Alam, Prabumulih ), Jambi, Lampung, Kotabumi, Bengkulu, Riau PekanBaru dan Jakarta

Jual Bata Bolong / Batu Bata Merah

bb aa

5 4

Dinamakan Bata Bolong karena ada bolongnya supaya proses pembakaran lebih maksimal dalam pembuatannya…

Kelebihan Batu Bata Bolong / Batu Bata Merah :

  • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasang.
  • Ukurannya yang kecil memudahkan untuk pengangkutan.
  • Mudah untuk membentuk bidang kecil.
  • Murah harganya.
  • Mudah mendapatkannya.
  • Perekatnya tidak perlu yang khusus.
  • Tahan Panas, sehingga dapat menjadi perlindungan terhadap api.

Proses Penjemuran
Penjemuran dilakukan sampai batu bata mengering. Penjemuran ini membutuhkan waktu 5 hari non stop, dengan catatan cuaca cerah.

Proses Pembakaran.

  • Proses pembakaran dilakukan selama 48 Jam (2 hari) non stop. Setiap satu kali pembakaran terdapat 70.000 biji bata.  Bahan bakar yang digunakan adalah potongan kayu ulin, agar bahan bakar tahan lama. Potongan Kayu ulin yang digunakan sebanyak 2,5 ret dump trek.
  • Jika  kondisi cuaca  cerah  (musim kemarau),  pembakaran  dapat  dilakukan setiap 20 hari. Apabila kondisi cuaca dimusim penghujan, maka pembakaran hanya dapat dilakukan 1 kali dalam 1 bulan

Batu Bata  siap Dipasarkan.
Hasil dalam 1 kali pembakaran atau 70.000 biji biasanya di beli oleh 2 konsumen ( 2 buah rumah).   Ukuran untuk batu bata merah Panjang 19cm x Lebar 9 cm x Tebal 5cm.

Bagaimana memilih batu bata yang bagus? Kreteria batu bata yang bagus menurut pengamatan saya antara lain :

  1. Bahan tanah liat yang digunakan adalah tanah lempung atau tanah merah.
  2. Ukuran cetakannya serempak persegi dan presisi.
  3. Proses pembakaranya maksimal dan diutamakan menggunakan media kayu.

Banyak contoh kasus dan pengalaman yang saya ketahui, setelah bata dipasang dan tidak langsung diplester lama kelamaan batau bata tersebut rapuh dan mulai rontok tergerus musim. Hal ini pasti penyebapnya adalah antara lain :

  1. Bahan yang digunakan bukan tanah liat atau lempung yang bagus, walaupun bentuknya bagus dan proses pembakarannya maksimal namun tetap saja akan ketahuan seiring waktu berjalan.
  2. Bahan tanah liat yang digunakan bagus tetapi pada proses pembakaran tidak masimal, tentunya kualitasnya tidak optimal.

Sedikit tips untuk kawan-kawan yang sedang mencari atau ingin membeli batu bata, pilihlah berdasarkan kualitas dan bentuk yang seragam, dan belilah sekalaigus atau bertahap tetapi dengan catatan masih menggunakan cetakan batu bata yang sama hal ini didasarkan dari RAB (rencana anggaran biaya) yang dibuat sebelum membangun rumah.